Bukti Audit Berdasarkan Sumbernya

Bukti audit terdiri dari 9 jenis dan dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu.

Bukti audit berdasarkan sumbernya.
D bukti audit sebagai dasar yang layak untuk menyatakan pendapat auditor pertimbangan auditor tentang kelayakan bukti audit dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu.
Konfirmasi merupakan bukti yang didapatkan lewat penegasan dari pihak ketiga sebagai jawaban atas permintaan informasi.
Sehingga berdasarkan karakteristiknya terdapat 2 dua bentuk bukti audit yakni faktual dan inferensal.

Bukti fisik merupakan bukti yang akan diperoleh oleh auditor secara langsung dengan melalui pemeriksaan fisik di dalam proses.
Informasi lainnya yang berhubunganterkait dengan catatan akuntansi dan pendukung alasan logis dari auditor tentang laporan keuangan yang layak.
Kompeten atau tidaknya bukti dipengaruhi oleh sumber bukti cara mendapatkan bukti dan kelengkapan persyaratan yuridis bukti tersebut.

Menurut konrath 2002 bukti audit terdiri atas bermacam fakta dan inferensi yang mempengaruhi pemikiran seorang auditor atas sebuah penyajian laporan keuangan.
1 bukti dokumenter yang dibuat oleh pihak luar yang independen yang dikirimkan langsung kepada auditor misalnya konfirmasi yang merupakan penerimaan jawaban tertulis dari pihak yang independen di luar klien yang berisi verifikasi ketelitian yang diminta oleh.
Audit adalah proses yang dilakukan oleh seorang auditor dimana untuk mendapatkan bukti yang akurat mengenai aktivitas ekonomi suatu entitas proses audit ini akan dilakukan untuk menyetarakan derajat kewajaran aktivitas ekonomi suatu entitas tersebut apakah telah sesuai dengan yang telah ditetapkan dan melaporkan hasilnya kepada para pihak yang berkepentingan.

Dokumen menurut sumbernya bukti dokumenter dapat dibagi menjadi 2 golongan yaitu.
Catatan akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan dan 2.
Tipe data akuntansi pengendalian intern sebagai bukti pengendalian intern yang dibentuk dalam setiap kegiatan perusahaan dapat digunakan untuk mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi.

Bukti audit merupakan informasi yang dikumpulkan dan digunakan oleh auditor untuk mendukung suatu laporan keuangan yang diperiksa dan pada akhirnya digunakan sebagai dasar untuk menyatakan pendapat audit opinion.
Mengingat jenis bukti audit bisa membantu dalam berbagai kegiatan auditing.
Berikut tujuh jenis bukti audit.

Tipe bukti audit tipe bukti audit dikelompokan menjadi 2 yaitu tipe data akuntansi dan tipe informasi penguat.
Adapun beberapa jenis jenis yang termasuk kedalam bukti audit dan dinyatakan sangat penting diantaranya.
Auditor haurs mengetahui bahwa klien telah merancang pengendalian intern dan telah.

Bukti audit adalah semua informasi yang digunakan oleh auditor dalam pembuatan kesimpulan opini dibuat.
1 pertimbangan professional merupakan salah satu faktor yang menentukan keseragaman penerapan mutu dan jumlah bukti yang diperlukan dalam audit.