Bukti Audit Internal Dan Eksternal

Bukti audit yang cukup dan tepat didasarkan pertimbangan auditor terhadap kualitas resiko salah saji material dalam laporan keuangan.

Bukti audit internal dan eksternal.
Bukti dokumen dapat diklasifikasikan sebagai dokumen internal maupun dokumen eksternal.
Komite audit ditunjuk oleh dewan direksi untuk meninjau efektivitas proses audit perusahaan.
Bukti audit sangat diperlukan guna membantu auditor dalam mengambil keputusan.

Menurut sukrisno agoes 2004221 internal audit pemeriksaan intern adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh bagian internal audit perusahaan baik terhadap laporan keuangan dan catatan akuntansi perusahaan maupun ketaatan terhadap kebijakan manajemen puncak yang telah ditentukan dan ketaatan terhadap peraturan pemerintah dan ketentuan ketentuan dari ikatan profesi.
Keputusan penting yang dihadapi para auditor adalah menentukan jenis dan jumlah bukti audit yang tepat yang diperlukan untuk memastikan bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar.
Audit internal dan audit eksternal adalah dua komponen utama dari proses audit.

Pengertian dari bukti fisik ini sendiri adalah salah satu bukti yang nantinya akan didapatkan oleh auditor secara langsung dan sudah melalaui permeriksaan fisik di dalam proses audit itu sendiri.
Contohnya saja seperti pemeriksaan fisik atas persediaan secara langsung dari pihak auditor eksternal atau internal.
Sedangkan dokumen eksternal diserahkan oleh pihak di luar organisasi klien yang terlibat dalam transaksi yang terdokumentasikan dan disimpan oleh klien ataupun dapat diperoleh sewaktu waktu.

Contoh transaksi eksternal adalah pembelian perlengkapan kepada pemasok pembayaran uang sewa gedung pembelian mesin.
Bukti transaksi internal dan eksternal suatu transaksi baru dikatakan benar atau sah apabila didukung oleh bukti bukti yang sah setidaknya terdapat 2 macam bentuk transaksi dalam keuangan antara lain yaitu.
Tujuan audit eksternal.

Transaksi keuangan dikelompokkan menjadi 2 dua yaitu transaksi eksternal dan transaksi internal.
Tujuan dari audit eksternal adalah untuk mengetahui apakah laporan keuangan tahunan perusahaan atau organisasi menyajikan kondisi yang riil tentang keadaan finansial perusahaan atau organisasi terkait.
Audit internal pengertian tujuan ruang lingkup dan tugas dalam hal ini biasanya audit internal dilakukan oleh unit yang berada di dalam perusahaan yang memang ditugaskan untuk melakukan audit terhadap perusahaan yang bersangkutan pelaksana dari audit internal ialah auditor internal.

Dokumen internal disiapkan dan digunakan di dalam organisasi tanpa diserahkan kepada pihak luar organisasi.
Contoh bukti audit dari eksternal dan internal perusahaan.
Transaksi eksternal merupakan kejadian dengan pihak luar perusahaan.

Contoh bukti audit dari eksternal dan internal perusahaan dapat menjadi kelengkapan bukti pendukung dan kebenaran perhitungan matematis.