Bukti audit yang sufficient tergantung pada penilaian risiko salah saji dan kecocokankelayakan misalnya kehandalan dan relevansi dari bukti audit yang dikumpulkan.

Bukti audit yang meyakinkan ada 4 kriteria.
Hal ini menunjukkan bahwa dua jenis bukt audit yang berlainan sama sekali dapat memiliki kehandalan yang setara.
Bacapengertian audit selain itu ada resiko audit dimana resiko tersebut ada hubungan terbalik dengan jumlah bukti yang diperlukan untuk mendukung pendapat auditor atas laporan keuangan.
Bukti audit atau audit evidence adalah segala informasi yang digunakan auditor untuk membuktikan apakah informasi yang diaudit sudah sesuai dengan kriteria tertentu.

Bukti audit merupakan setiap informasi yang digunakan oleh auditor untuk menentukan apakah informasi yang diaudit telah dinyatakan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
Semua unsur kondisi kriteria dan sebab akibat harus didukung oleh bukti yang cukup.
Informasi lainnya yang berhubunganterkait dengan catatan akuntansi dan pendukung alasan logis dari auditor tentang laporan keuangan yang layak.

Bukti audit mempunyai peranan penting baik dalam pemeriksaan pajak maupun pemeriksaan laporan keuangan.
Singkatnya auditor membuat empat pilihan penting yang berkaitan dengan bukti audit.
Bukti audit akan lebih dibutuhkan jika bukti audit tersebut memiliki tingkat kehandalan dan relevansi yang rendah begitu juga sebaliknya.

1 bukti apa yang akan diperoleh sifat 2 bilamana akan memperoleh bukti saat 3 berapa banyak bukti yang akan diperoleh luas 4 siapa yang akan ditugaskan untuk memperoleh bukti penetapan staf audit.
Bukti audit adalah semua informasi yang digunakan oleh auditor dalam pembuatan kesimpulan opini dibuat.
Dalam bukti audit haruslah berkaitan dengan kuantitas bukti audit dan kecukupan bukti dimana beberapa faktor bisa meliputi kecukupan bukti yaitu materialitas.

Dalam pemeriksaan pajak dikenal istilah bukti kompeten yang cukup untuk mendukung temuan hasil pemeriksaan pajak sedangkan dalam pemeriksaan laporan keuangan untuk tujuan umum digunakan istilah persuasivitas bukti bukti yang meyakinkan untuk mendukung pendapat auditor atas.
Pengembangan temuan audit dengan dukungan bukti yang kuat akan mempermudah penyusunan laporan sekaligus.
Konrath 2002 menyajikan urutan tingkat keandalan jenis bukti audit dalam bentuk diagram.

Bukti audit termasuk di dalamnya adalah.
Auditor memerlukan bukti audit sebelum melakukan proses audit untuk menghasilkan pelaporan audit yang kompeten.
Meski begitu jenis bukti audit tertentu jarang sekali mencukupi sebagai dasar atas seluruh tujuan audit sekaligus.

Informasi ini sangat bervariasi sesuai kemampuannya dalam meyakinkan auditor bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar.
Memperoleh sejumlah bukti audit yang berkualitas sangatlah penting untuk mencapai tujuan audit.
Temuan audit seharusnya didukung oleh bukti yang cukup agar auditee dan para pembaca temuan audit menjadi yakin tentang kebenaran isi temuan audit.