Jenis Bukti Audit Dokumentasi

Dokumentasi merupakan suatu bentuk bukti yang dipergunakan secara luas dalam setiap penugasan audit karena pada umumnya jenis bukti ini telah tersedia bagi auditor dengan biaya perolehan bukti yang relative rendahseringkali jenis bukti ini merupakan satu satunya jenis bukti audit yang layak dan siap pakai.

Jenis bukti audit dokumentasi.
Dokumentasi terdiri dari dokumen yang memberikan bukti atau merupakan catatan tentang sesuatu.
Bukti dokuementer ini terbagi menjadi beberapa bagian seperti bukti yang dibuat oleh pihak luar lalu dikirimkan kepada tim auditor secara langsung.
Dokumentasi audit harus mencakup semua informasi yang perlu dipertimbangkan oleh auditor untuk melakukan audit secara memadai dan untuk mendukung.

Bukti audit terdiri dari 9 jenis dan dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu.
Data untuk menentukan jenis laporan audit yang tepat.
Prosedur analitis terdiri dari evaluasi informasi keuangan melalui analisis atas hubungan yang masuk akal antara data keuangan dan nonkeuagan.

Adanya cukup banyak jenis bukti audit ini menunjukan bahwa keuangan dan laporannya merupakan hal yang harus memiliki perhatian ekstra agar tidak terjadi kesalahan dan berujung pada salah paham atau berimbasnya baik klien karyawan atau auditor itu sendiri.
Keputusan auditor dalam pengumpulan bahan bukti dapat dipecah menjadi empat bagian yaitu.
Agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan ketika dilakukan auditing.

Jenis bahan bukti dan dokumentasi hakekat bahan bukti.
Dan bukti rasio ini masuk kedalam jenis bukti audit yang sangat umum digunakan.
Prosedur audit dan jenis bukti audit bukti audit merupakan informasi yang dikumpulkan dan digunakan oleh auditor untuk mendukung suatu laporan keuangan yang diperiksa dan pada akhirnya digunakan sebagai dasar untuk menyatakan pendapat audit opinion.

Dokumentasi telah digunakan secara luas sebagai bukti audit karena jenis bukti ini biasanya tersedia dengan biaya yang relatif rendah.
Dokumentasi audit menyediakan sumber informasi yang penting untuk membantu auditor dalam memutuskan apakah bukti yang tepat dan mencukupi telah dikumpulkan guna menjustifikasi laporan audit berdasarkan situasi tertentu.
Keputusan bahan bukti audit.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian dokumentasi fungsi dan tujuan dokumentasi kegiatan dalam dokumentasi dan jenis jenis dokumentasi.
Bahan bukti adalah informasi yang digunakan auditor untuk menentukan apakah informasi kuantitatif yang sedang diaudit disajikan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.