Jenis Bukti Audit Yang Paling Dapat Diandalkan Yg Bisa Diperoleh Auditor Adalah

Jenis jenis bukti audit dalam menentukan prosedur audit mana yang akan digunakan auditor dapat memilihnya dari delapan kategori bukti yang luas yang disebut sebagai jenis jenis bukti.

Jenis bukti audit yang paling dapat diandalkan yg bisa diperoleh auditor adalah.
Misalnya fisik dari persediaan yang dimiliki perusahaan.
Ada banyak sekali yang bisa dirasakan dengan jenis bukti audit yang beragam sekali sehingga akan memperlihatkan kalau keuangan dan laporanya adalah hal yang harus mempunyai perhatian yang lebih demi menghindari terjadinya kesalahan yakni salah paham atau malah justru berimbas baik itu karyawan klien atau auditor itu sendiri.
Bukti yang diperoleh dari sumber luar entitas lebih dapat diandalkan ketimbang yang diperoleh dari dalam entitas.

Pengujian fisik ini digunakan dalam audit hukum misalnya untuk melakukan cek kebenaran luas tanah yang tertera dalam sertifikat tanah.
Bukti jenis ini adalah fakta atau informasi yang diperoleh oleh auditor dengan cara melihat secara langsung fisik dari aset perusahaan.
Prosedur audit adalah rincian instruksi yang menjelaskan bukti audit yang harus diperoleh selama audit berlangsung.

Dua factor yang paling penting adalah ekspektasi auditor atas salah saji dan keefektifan pengendalian internal klien.
Sebagai contoh prosedur audit untuk memverifikasi pembelian barang dagang adalah memeriksa jurnal pembelian dan membandingkannya dengan jumlah yang tertera dalam formulir permintaan pembelian laporan penerimaan barang serta faktur tagihan.
Dalam memutuskan prosedur audit mana yang akan digunakan auditor dapat memilihnya dari delapan kategori bukti yang luas yang disebut sebagai jenias jenis bukti.

Namun demikian penetapan waktu juga dipengaruhi oleh kapan auditor merasa yakin bukti audit akan paling efektif dan kapan staf audit tersedia.
Bukti yang diperoleh auditor harus cukup mengingat seringnya dampak yang akan dihadapi oleh pihak pihak yang terlibat dan bertanggungjawab dalam kejadian kecurangan.
Karena kuat atau lemahnya pengendalian internalah seorang auditor bisa mendapatkan banyak bukti yang bisa dikumpulkan olehnya.

B efektivitas pengendalian internal klien effectiveness of clients internal controls jika pengendalian internal klien efektif maka bukti audit yang diperoleh lebih dapat diandalkan ketimbang jika pengendalian internalnya lemah.
Bukti pengendalian internal adalah bukti yang paling kuat ketika melaksanakan audit.
Prosedur audit dan jenis jenis bukti audit prosedur audit dan jenis bukti audit bukti audit merupakan informasi yang dikumpulkan dan digunakan oleh auditor untuk mendukung suatu laporan keuangan yang diperiksa dan pada akhirnya digunakan sebagai dasar untuk menyatakan pendapat audit opinion.